Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Salah Satu Tujuan Dalam Pengembangan Ide Produk Atau Jasa

Salah Satu Tujuan Dalam Pengembangan Ide Produk Atau Jasa - Mengembangkan sebuah ide produk merupakan salah satu langkah penting yang perlu dipertimbangkan oleh para pebisnis pemula. karena pengembangan ide tersebut nantinya dapat berperan untuk mendorong terciptanya produk yang dapat diminati banyak orang. 

karena hal tersebut secara umum tujuan mengembangkan ide dan peluang usaha pada produk kerajinan tersebut ialah untuk menciptakan bisnis yang sukses dengan peminat tinggi di pasaran. Untuk dapat menjual suatu produk kerajinan yang diminati kosument, maka penting untuk pebisnis perlu mencari tahu model atau produk seperti apa yang banyak dicari-cari oleh konsumen. 

Apabila produk yang kita tawarkan sudah sangat mainstream atau sama seperti kebanyakan produk yang ditawarkan oleh pesaing, maka penting bagi kita untuk mengembangkan produk baru dengan mencari ide bisnis dan peluang usaha agar produk yang kita tawarkan jauh lebih menarik.

Selain dapat menarik minat konsument untuk membeli produk kita, sebenarnya tujuan Pengembangan Ide Produk usaha pada produk kerajinan tersebut ialah untuk memperkecil resiko persaingan dagang agar produk yang kita tawarkan dapat lebih diminati. Disamping itu, dikutip dari buku Produk Kreatif dan Kewirausahaan: Akuntansi dan Keuangan, Suwartini dan Sumiyati (2021: 27).

Salah Satu Tujuan Dalam Pengembangan Ide Produk Atau Jasa
pixabay

Salah Satu Tujuan Dalam Pengembangan Ide Produk Atau Jasa Adalah

  • Untuk menghasilkan produk yang diminati atau dibutuhkan oleh banyak konsumen
  • Untuk mendorong produk usaha untuk memenangi persaingan dengan produk serupa (pesaing)
  • Mendayagunakan sumber produksi seoptimal mungkin
  • Mencegah terciptanya rasa bosan di benak konsumen, sebab kita menawarkan produk yang variatif dan tidak itu-itu saja
  • Mendorong terciptanya kreasi produk baru baik dari segi desain, model, warna, dan lain sebagainya yang dapat menarik daya beli konsumen

Dengan adanya pengembangan Tujuan Dalam Pengembangan Ide Produk Atau Jasa tersebut, maka suatu bisnis dapat senantiasa menciptakan produk-produk baru yang diminati oleh konsumen. Suatu bisnis yang kerap melakukan pengembangan ide juga tentunya dapat mencuri perhatian konsumen karena produknya dianggap selalu unik dan berbeda dibandingkan produk lainnya.